Program Studi Pendidikan Matematika
STKIP Hamzanwadi Selong
- Visi
Pada Tahun 2020 Program Studi Pendidikan Matematika mampu menghasilkan guru matematika yang dapat Bersaing dalam Mengembangkan SDM Pendidikan dengan Basis Budaya Santri pada tingkat regional di Nusa Tenggara Barat
- Misi
Misi Program Studi Pendidikan Matematika adalah sebagai berikut:
- Menyelenggarakan proses pembelajaran di kelas dengan penomena dalam bidang pendidikan matematika dengan kosmologi Islam
- Melaksanakan program pembelajaran dalam pendidikan matematika secara sinergis untuk menghasilkan sarjana pendidikan matematika yang beretika, unggul dalam penguasaan kegiatan pembelajaran, dan siap melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. (Inovatif – berdasarkan kebutuhan lokal)
- Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk inovasi pembelajaran dalam rangka mengembangkan dan memanfaatkan teknologi pendidikan dan pengajaran bagi guru yang berwawasan religius.
- Melaksanakan pengabdian pada masyarakat melalui penyebarluasan dan penerapan ilmu matematika untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap pendidikan matematika.
- Membina kehidupan akademik yang berkepribadian, dinamis, kreatif, dan mempunyai daya tahan terhadap pengaruh global.
- Tujuan
Tujuan Program Studi Pendidikan Matematika adalah menghasilkan sarjana Pendidikan Matematika yang memiliki:
- Pengetahuan dasar tentang bahan ajar secara komprehensif dan memiliki kemampuan serta keterampilan merencanakan, melaksanakan, mengelola maupun mengevaluasi kegiatan pembelajaran matematika.
- Pengetahuan dan kemampuan untuk mengembangkan pendidikan matematika melalui kegiatan penelitian.
- Pengetahuan dasar matematika yang cukup untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.
- Kemampuan menyebarluaskan pengetahuan dalam bidang pendidikan matematika kepada masyarakat.
- Pemahaman konsep dasar ke Islaman, dan dapat melaksanakannya dalam pola pikir, pola sikap dan pola tindak sehari-hari.
- Sasaran dan Strategi Pencapaiannya
Sasaran Program Studi Pendidikan Matematika adalah:
Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di kampus dan di luar kampus secara profesional pada setiap semester.
Strategi pencapaiannya melalui tahapan sebagai berikut:
Menyelenggarakan penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan sumber daya manusia secara optimal.
- Menyusun kurikulum yang berbasis pada kebutuhan pengguna lulusan. Dalam hal ini dilakukan peninjauan kurikulum 1 kali dalam 2 tahun.
- Merekrut tenaga pengajar yang memiliki syarat kualifikasi akademik minimal S2;
- Mendistribusikan mata kuliah pada setiap semester sesuai dengan keahlian dan kualifikasi profesional dosen yang bersangkutan;
- Melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan pembelajaran pada awal, tengah, dan akhir semester;
- Melengkapi fasilitas pembelajaran seperti laboratorium, bahan pustaka, bahan praktek, dan lain-lain.
Strategi pencapaiannya melalui tahapan sebagai berikut:Mendukung program pembangunan nasional di bidang pendidikan dengan menghasilkan lulusan yang profesional, berwawasan keilmuan dan teknologi, kerakyatan, dan keagamaan yang tinggi sehingga mampu bersaing di tingkat regional, nasional, dan internasional.
- Mengikuti program hibah penelitian dosen muda, kajian wanita, dan hibah bersaing yang diselenggarakan oleh DP2M DIkti setiap tahun;
- Memberikan kesempatan kepada dosen untuk mengikuti program studi lanjut S2 dan S3 sesuai dengan kebutuhan program studi setiap tahun;
- Memberikan kesempatan kepada dosen untuk mengikuti kegiatan pelatihan pengembagan bahan ajar, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat;
- Memfasilitasi dosen dalam mengajukan jabatan fungsional akademiknya setiap tahun.
Strategi pencapaiannya melalui tahapan sebagai berikut:
- Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan dinas pendidikan kabupaten/kota dan atau propinsi dalam penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi setiap tahun;
- Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan perguruan tinggi sejenis baik di tingkat regional, nasional, dan internasional;
- Menjalin kerjasama dengan lembaga pengguna lulusan dalam penyelenggaraan PPL keguruan setiap tahun; dan
- Mengembangkan pelayanan pendidikan yang berbasis teknologi dengan membangun SIAKAD dan perpustakaan digital mulai tahun 2010.